Kenali Penyebab dari Neuritis Optic

Neuritis optic Merupakan peradangan pada saraf optic yang biasanya berasal dari otak kemata yag tergolong menjadi suatu porsi mata . Memang secara umum kondisi ini sangat umum terjadi dan biasanya banyak menyerang wanita dibandingkan pria dengan perbandingan yaitu 3:1 . apalagi terutama pada wanita yang berusia 14-45 tahun yang masih tergolong wanita muda . Pada kondisi ini juga membuat pasien pada usia muda dan anak anak yang anak anak 60% pada anak perempuan pada usia ssembilan atau sepuluh tahun . dan biasanya pasien yang mengalami gangguan  penyebab neuritis optic ini mengalami gangguan hanya pada satu sisi dan memilki resiko lebih tinggi terhadap resiko tanda tanda atau gejala penyebab neuritis optic daripada gangguan yang terdapat dua sisi dan bisa menyebabkan komplikasi dini . Penyebab neuritis optic akibat dari kondisi saraf yang meradang serta optic neuritis ini kadang terjadi pada orang yang tanpa kondisi kesehatan ,  tetapi dengan orang yang penyakit multiple sclerosis atau MS dan lebih umum ditemukan di kondisi ini . dalam penyebab neuritis optic juga menimbulkan resiko terbentuknya MS setelah serangan idiopathic optic neuritis dan telah diperkirakan resikonya setinggi 75% dalam limabelas tahun . adapun beberapa faktor resiko untuk penderita neuritis optic dilansir dari hello sehat memang orang yang memiliki faktor resiko memiliki kesempatan yang lebih besar terkena neuritis optic daripada orang yang tidak mmepunyai faktor resiko ini . ada banyak faktor resiko untuk neuritis optic yaitu : biasanya terjadi pada wanita muda , wanita muda yang berusia sekitar 20-40 tahun serta memiliki mutasi genetic tertentu yang bisa meningkatkan resiko anda dan mengalami MS dan neuritis optic . Lalu apa penyebab neuritis optic yang jelas ? dilansir dari halodoc sebenarnya penyebab neuritis optic tidak diketahui tetapi kmungkinan berkembang ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menargetkan zat yang menutupi saraf optic seseorang atau mielin . dan mengakibatkan peradangan dan kerusakan pada mielin . Sehingga pada umumnya mielin dapat membantu impuls listrik menjadi bergerak cepat dari mata ke otak yang diubah menjadi informasi visual .DIlansir dari halodoc ada beberapa penyebab neuritis optic . yaitu :

  • Narkotika

Kina dan beberapa antibiotik juga termasuk dan dikaitkan dengan perkembangan neuritis optik dan beberapa obat lainnya .

  • Terjadi infeksi

Infeksi bakteri merupakan salah satu penyebab terjadinya neuritis optic seperti penyakit lyme , demam cakar kucing dan sifilis atau bisa juga dikarenakan virus seperti campak , gondong dan herpes .

  • Sklerosis multiple

Penyakit ini menjadipenyebab neuritis optic yang biasanya disebabkan oleh sistem autoimun yang menyerang selubung mielin yang menutupi serabut saraf otak dan sumsum tulang belakang . Maka dari itu ketika penderita terkena neuritis optic secara langsung terkena multiple sclerosis ini setelat sekitar 50%  terjadi seumur hidup . resiko seseorang terkena sclerosis multiple setelah neuritis optic meningkat lebih jauh jika pemindaian MRI menunjukkan lesi pada otak .

  • Neuromyelitis Optica

Pada kondisi ini , hal yang umumnya terjadi karena peradangan berulang pada saraf optic dan sumsum tulang belakang . Neuromyelitis optica yang memiliki kemiripan dengan multiple sclerosis tetapi neuromyelitis optica tidak menyebabkan kerusakan pada saraf di otak yang lebih sering dilakukan di multiple sclerosis.

Sumber gambar :viva.co.id

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>